Good Mood Good Food

Semua orang tau bahwa kelebihan berat badan atau obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, dan jika lemak melebihi batas itu juga mempengaruhi kesehatan. Selain berdampak pada penampilan fisik penderitanya, kegemukan juga meningkatkan risiko dalam kondisi kesehatan antara lain, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Situasi ini juga meningkatkan arthritis yang menyebabkan sesak nafas, sleep apnea, dan cepat lelah.

Obesitas dan berat badan berlebih (overweight) merupakan dua konsep yang berbeda. Overweight adalah kondisi di mana terdapat kenaikan berat badan berlebih. Namun, kenaikan berat badan tidak hanya disebabkan oleh lemak berlebih, tetapi juga bisa disebabkan massa otot atau cairan dalam tubuh. Kondisi seperti itu yang akan membedakan cara mengelola berat badan dan lingkar tubuh melalui proses diet yang sehat.

Faktor-faktor risiko

  • Genetika
  • Life style
  • Makan makanan tidak sehat seperti junk food
  • Merokok
  • Kurang tidur
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Faktor usia
  • Masalah sosial dan ekonomi
  • Masalah kesehatan

Pengukuran

Lalu bagaimana cara mengetahui berat badan kita ideal atau tidak? Biasannya bisa dengan mudah mengekur dengan timbangan lemak tetapi ada juga cara manual untuk menghitungnya. Indeks berat badan atau BMI (Body Mass Index) adalah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang mengalami obesitas, berat badan lebih, atau tidak. Rumus dari perhitungan BMI adalah BMI = berat badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m))

Orang-orang dengan BMI lebih besar dari 25 dapat dikategorikan sebagai overweight, pada 30 atau lebih termasuk ke dalam obesitas, dan pada 40 ke atas merupakan tingkat obesitas yang serius. Pastimya jika kita berada dikondisi seperti itu sebaiknya kita harus segera berkonsultasi ke dokter atau slimming center untuk dapat mengukur risiko kesehatan Anda dan mendiskusikan cara mengurangi berat badan secara rutin agar diberikan metode diagnosis dan penanganan terbaik untuk anda.

Pengelolaan berat badan

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, olah raga dengan teratur dan terukur, dan melakukan program diet yang tepat dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan. Pakar diet dan dokter dapat menjadi tentor Anda untuk merancang pola makan rendah lemak dan rendah kalori sesuai kebutuhan tubuh Anda. Olah raga merupakan langkah yang cukup efektif dan penting dalam penurunan berat badan, karena sesuatu yang tidak intsan akan lebih sempurnya hasilnya. Beberapa cara pengobatan dapat mengurangi berat badan namun juga memiliki efek samping. Gunakan cara tersebut jika cara-cara sebelumnya tidak efektif, dan lakukan pengobatan di bawah pengawasan dokter dan ahli kesehatan.

Gaya hidup aktif, olah raga, dan pola makan sehat seimbang adalah jalan terbaik untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan. Anda dapat berkonsultasi pada dokter atau pakar diet untuk mengukur kadar kalori Anda yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan Anda. Para pakar kesehatan dapat memberitahu informasi tentang bagaimana cara memilih makan yang sehat dan seimbang, nutrisi yang dibutuhkan tubuh, cara mengolah makanan, dan mengatur pola makan yang baik. Niatkan bahwa mengurangi berat badan secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dan meningkatkan kesehatan secara optimal.

Mengelola stress dengan mengikuti kelas olahraga seperti aerobik, yoga, zumba, atau fitnes. Pilihan olahraga yang menyengkan agar tidak berat ketika melaksankannya. Beberapa teknik pengobatan dapat mengurangi berat badan, tetapi juga menimbulkan efek samping. Gunakan cara tersebut jika diet dan olahraga tidak berjalan dengan baik. Minumlah obat-obatan di bawah pengawasan dokter dan ahli kesehatan.

Artikel By Meina

(Professional Akupuntur Rumah Cantik Sehat Muslimah)

Tags:

Leave a Reply