5 Masjid Megah di Indonesia yang Cocok jadi Wisata Religi

5 Masjid Megah di Indonesia yang Cocok jadi Wisata Religi

Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas muslim. Maka dari itu, banyak sekali masjid yang dibangun cukup megah dan menawan. Tak hanya dari segi arsitekturnya saja, fasilitas-fasilitasnya juga sangat lengkap dan keren. Gak heran kalau akhirnya dijadikan landmark di setiap daerah. Berperan ganda sebagai tempat ibadah dan wisata religi, inilah lima masjid terbaik di Indonesia 😍
.
1. Masjid Al-Irsyad – Padalarang, Jawa Barat
Masjid Al-Irsyad didesain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan bentuk segi empat seluas 1817 meter persegi. Masjid ini mempunyai sirkulasi udara yang sangat baik, meskipun tanpa AC atau kipas angin, hawanya sangat sejuk. Konsep bangunannya yang ramah lingkungan membuat masjid Al-Irsyad meraih banyak penghargaan internasional.
.
2. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang, Jawa Tengah
Masjid ini memadukan gaya arsitektural Jawa, Islam, dan Romawi hasil karya PT Atelier Enam. Bangunan utamanya memiliki kubah besar berdiameter 20 meter dilengkapi empat menara setinggi 62 meter.
.
Gaya Romawinya dapat dilihat dari 25 pilar di pelataran masjid yang tampak seperti koloseum Athena. Sentuhan akhirnya menyerupai Masjid Nabawi dengan 6 payung raksasa otomatis.
.
Spesialnya lagi, terdapat sebuah menara yang berfungsi sebagai museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Terdiri dari 19 lantai, menara ini dibuka setiap Selasa-Minggu selama pukul 08.00-15.00.
.
3. Masjid Agung Madani – Kabupaten Rokan Hulu, Riau
Masjid termegah di Riau ini bisa menampung hingga 20 ribu jamaah. Terdapat lima menara yang salah satunya dapat digunakan seperti di Semarang.
.
Sebagai islamic centre Kabupaten Rokan Hulu, masjid dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang sangat memadai. Kamu bisa melihat adanya pohon kurma dan kolam air kecil di sini. Dari segi arsitektural, masjid Agung Madani diberi ornamen batu hias dan lampu gantung dari kuningan.
.
4. Masjid Baitul Muttaqin – Samarinda, Kalimantan Timur
Inilah masjid termegah kedua di Asia Tenggara setelah masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini mempunyai luas bangunan utama 43,5 ribu meter persegi dengan latar depan tepian Sungai Mahakam.Bangunan yang juga dikenal masjid Islamic Center ini mempunyai 15 lantai dengan 7 menara di sekitarnya. Bentuk bangunannya terinspirasi masjid Nabawi, sedangkan kubahnya dari masjid Haghia Sophia di Turki.
.
5.Masjid Dian Al Mahri – Depok, Jawa Barat
Tidak hanya Monumen Nasional (Monas) saja, masjid di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok ini juga mempunyai kubah emas. Masjid ini memiliki lima kubah yang semuanya dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dan mozaik kristal. Itu kenapa masjid Dian Al Mahri juga disebut sebagai Masjid Kubah Emas.
.
Bentuk kubahnya terinspirasi dari Taj Mahal di India dengan diameter tengah 20 meter dan tinggi 25 meter. Tak hanya kubahnya saja, bahkan relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.