Bekam – Dampak serius dari sebuah gangguan tidur

Home / Layanan Kesehatan / Bekam / Bekam – Dampak serius dari sebuah gangguan tidur

Siang Bagaikan Malam, Malam Bagaikan Siang

Sudah tidak asing lagi bagi para sahabat muslim yang mengalami gangguan tidur. Terlebih dengan aktivitas yang padat menuntut kita untuk siap setiap saat meyelesaikan berbagai tanggungan pekerjaan atau tugas yang dikejar oleh waktu. Apa sih yang menyebabkan kita menjadi kesulitan untuk tidur, atau mengawali tidur, bahkan ketika tidurpun masih saja tidak bisa lelap.

Tidur ialah suatu proses dimana seseorang kehilangan kesadaran dan respon atas lingkungan sekitar. Tidur itu diperlukan untuk merileksasikan otak untuk mengembalikan keseimbangan fisiologis, emosianal, memperbarui sel-sel tubuh yang rusak dan meningkatkan kebugaran fisik. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi lebih prima dan berfungsi secara optimal.

Pada umumnya orang awam belum begitu paham atau mengenali gangguan tidur sehingga membiarakan saja tanpa mencari solusi. Ada pendapat dari sebuah penelitian bahwa kualitas tidur yang buruk bisa menjadi salah satu faktor penyebab kematian. Jadi amatlah berbahaya jika seseorang tidak memiliki tidur yang berkualitas atau bahakan tidak bisa tidur dalam jangka waktu yang lama.

Dampak serius dari sebuah gangguan tidur pada manusia misalnya mengantuk berlebihan di siang hari, gangguan fokus dan memori, mood bisa menjadi depresi, kehilangan keseimbangan, susah berkonsentrasi, dan penurunan kualitas hidup. Selain itu tubuh juga lemas dan kurang fresh, wajah menjadi sayu dan pastinya akan muncul mata panda (lingkaran hitam pada mata, serta kantong mata menjadi besar. Sungguh menjadi keadaan dan pandangan yang tidak menyenangkan bukan.

Sedangkan, waktu ideal orang dewasa tidur ialah 7-8 jam setiap hari, sudahkah kita memenuhi waktu tersebut, bukan dari lama durasi tidur, tetapi dari kualitas tidur mulai dari memulai tidur, terlelap, hingga bangun tidur tanpa ada gangguan terasa nyenyak dan bangun badan terasa lebih segar. Penyebab dari gangguan tidur terbagi menjadi beberapa jenis antara lain:

  • gangguan tidur akibat gangguan mental psikis,
  • gangguan tidur akibat kondisi medik seperti sedang menderita sakit, dan
  • gangguan tidur akibat pengaruh obat-obatan atau alkohol.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa mencegah atau bila sudah terjadi kita bisa mengurangi dan menyembuhkannya, untuk mengatasi insomnia kita harus memahami penyebabnya agar sesuai dan tepat sasaran.

  1. Merubah perilaku dengan mengatur jadwal aktifitas sehingga tidak menggangu waktu tidur
  2. Menata ulang ruangan atau tempat tidur senyaman mungkin
  3. Merileksasikan diri dengan mendengarkan alunan musik yang ringan agar bisa melepas kecemasan atau masalah yang sedang dialami
  4. Mulai mengatur jadwal olahraga setidaknya sekali dalam seminggu guna menunjang kualitas tidur yang baik
  5. General ceck up agar kita tahu kesehatan kita lebih dalam dan bila perlu konsultasikan dengan dokter agar dapat diberikan terapi untuk insomnia yang sesuai

Bila belum terjdi insomnia kita bisa mencegahnya dengan:

  1. Kurangi konsumsi alkohol, kafein dan nikotin, atau jika akan pergi tidur jangan meminum minuman seperti kopi atau teh,
  2. Lakukan olahraga teratur setiap hari,
  3. Seseklai melakukan meditasi unutuk melepas penat atau stress seperti yoga, atau hipnoterapi
  4. Konsumsi makan yang sehat dan kurangi makanan berpengawet, seperti perbanyak air putih, buah dan sayur
  5. Jagalah kebersihan diri, dan bagi yang Muslim sucikan diri sebelum tidur dengan berwudlu dan jangan lupa berdoa.

 

Artikel By Meina

(Professional Akupuntur Rumah Cantik Sehat Muslimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.