Bekam Sehat dan Pahala

Home / Layanan Kesehatan / Bekam / Bekam Sehat dan Pahala

Apa sih yang ada di dalam pikiran kita, kalau berbicara tentang kesehatan? Kebanyakan orang yang mengatakan bahwa sakit itu tinggal berobat saja ke dokter, datang diperiksa lalu pulang menebus obat. Sampai pada akhirnya kita semua jenuh pada pengobatan terutama saat harus meminum berbagai obat.

Rasululloh saw bersabda dalam hadistnya

سنن أبي داوود ٣٣٥٩: حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرِةَ

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنْ كَانَ فِي شَيْءٍ مِمَّا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ خَيْرٌ فَالْحِجَامَةُ

Sunan Abu Daud 3359:  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila ada sesuatu yang lebih baik untuk kalian gunakan berobat, maka sesuatu tersebut adalah bekam.”

Sudah sejak zaman Rasulullah ternyata bekam adalah pengobatan yang sudah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tak perlu heran seharusnya kita sebagai umatnya seharusnya juga mengikuti jejak yaitu melakukan apa yang di kerjakan Rasululloh SAW sebagai sunnah.

Tapi, apakah bekam itu sudah diketahui oleh banyak orang di era modern seperti sekarang ini? Memang beberapa orang masih merasa skeptis terhadap pengobatan bekam yang tergolong pada pengobatan alternatif. Itu semua karena kurangnya informasi pengetahuan tentang pentingnya serta manfaat dari pengobatan ala Rosul tersebut.

Seharusnya kita sebagai generasi yang hidup di era yang modern ini amatlah mudah mendapatkan informasi tentang berbagai pelayanan kesehatan baik konvensional mau alternatif. Pada dasarnya orang awam menganggap bekam adalah terapi untuk mengeluarkan darah kotor dengan menggunakan alat yang khusus seperti gelas-gelas kecil yang di tempelkan di permukaan kulit dengan menggunakan vakum.

Tetapi sesungguhnya terapi bekam adalah metode pengeluaran darah stasis atau sel darah yang sudah rusak di bawah permukaan kulit dengan alat khusus. Kemudian pada darah yang dikelurakan itu mengangkut racun yang tidak di gunakan tubuh yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh agar lebih meningkatlkan stamina karena meningkatnya kekebalan tubuh atau imunitas.

Sebenernya banyak sekali pengistilahan tentang terapi tersebut, tidak hanya di Indonesia yang menyebutnya dengan istilah bekam, pada zaman Rasulullah SAW sudah dikenal dengan nama hijamah dan di luar negeri juga biasa orang menyebutnya blood cupping terapy.

Maka dari itu seharusnya sudah tidak ada keraguan di benak kita apakah bekam ini aman, bermanfaat, dan bisa menyembuhan beberapa keluhan sakit.

Lalu apa saja keluhan sakit yang bisa di tangani dengan menggunakan terapi bekam salah satunya yaitu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, asam urat, tekan darah tinggi, gastritis, nyeri punggung, nyeri pinggang, meningkatkan imunitas tubuh, perbaikan fungsi organ tubuh, insomnia, pusing, migrain, vertigo, mengatasi gangguan kulit seperti alergi ataupun jerawatan.

Terapi bekam yaitu terapi yang berhubungan langsung atau kontak fisik terlebih dengan teknik pengeluaran darah tertunya kita sebagai konsumen harus pandai dan selektif dalam memilih tempat terapi dan memoercayakan pada praktisi yang tepat.

Nah, lalu bagaimana kita bisa mendapatkan perawatan yang aman dan terbaik untuk melakukan terapi bekam, yang pasti pilihlah tempat yang sudah jelas perizinannya, penggunaan alat yang steril dan dikerjakan oleh tenaga kesehatan yang profesional serta berkompeten.

 

 

Artikel By Meina

(Professional Akupuntur Rumah Cantik Sehat Muslimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.