Hair Spa, Hair Mask, dan Creambath: Mana yang Terbaik untuk Rambut?

Hair Spa, Hair Mask, dan Creambath: Mana yang Terbaik untuk Rambut?

  • Creambath

Dibandingkan dengan hair spa dan hair mask, creambath merupakan perawatan rambut dasar yang sudah dikenal sejak lama.

Krim yang digunakan dalam perawatan creambath umumnya terbuat dari bahan-bahan tradisional, seperti aneka buah serta sayuran yang semuanya memberikan manfaat sesuai dengan kondisi rambut.

Biasanya, creambath dilakukan jika rambut tidak memiliki terlalu banyak masalah seperti rontok, bercabang, ataupun diwarnai. Selain mengoleskan krim secara merata ke rambut, proses creambath juga mencakup pemijatan pada kulit kepala.

Hal ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kepala serta memberikan efek rileks dan menenangkan.

Setelah dipijat, rambut kemudian diuapi (baik dengan mesin maupun membungkus rambut dengan handuk hangat) untuk membuka pori-pori kulit kepala, agar nutrisi dari krim bisa terserap secara sempurna ke dalam kulit kepala.

  • Hair spa

Hair spa merupakan perawatan untuk membantu mengatasi masalah rambut rusak seperti rambut kering, kusam, berminyak, sampai kaku.

Perawatan ini ditujukan untuk memberi nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, serta menguatkan folikel rambut sehingga menjadikan rambut sehat secara keseluruhan.

Pada umumnya, kandungan krim dalam hair spa lebih kaya vitamin dibandingkan creambath, mengingat hair spa memang ditujukan untuk menyehatkan rambut yang rusak.

Krim yang digunakan pada hair spa juga mengandung minyak esensial sehingga lebih harum dibandingkan krim untuk creambath.

Sama halnya dengan creambath, perawatan hair spa mencakup pemijatan ringan dan steam yang keduanya berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala serta mengoptimalkan penyerapan krim.

Tidak hanya itu, cara ini juga memungkinkan folikel rambut menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi melalui darah sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Di balik manfaat yang ditawarkan dari perawatan ini, sayangnya hair spa memiliki beberapa kekurangan.

Pertama, terlalu sering melakukan hair spa bisa menyebabkan warna rambut jadi pudar. Kedua, umumnya perawatan ini lebih mahal ketimbang creambath.

Meski begitu, kebanyakan salon mematok harga yang bervariasi tergantung pada panjang pendeknya rambut. Biasanya semakin panjang rambut, tentu biayanya akan semakin mahal.

  • Hair mask

Hair mask adalah perawatan rambut yang umumnya digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan masalah rambut lainnya dalam kondisi yang sudah parah.

Jika kamu sering melakukan pewarnaan, pelurusan, ataupun pengeritingan rambut, hair mask bisa jadi perawatan terbaik. Ini karena hair mask bertindak sebagai perawatan mendalam untuk memperbaiki kerusakan rambut.

Dilansir dari Huffington Post, Mark Hill, seorang penata rambut selebriti papan atas Inggris, mengatakan bahwa menggunakan hair mask secara teratur akan membantu menyamarkan kerusakan rambut dengan melembapkan rambut. Hal ini akan membuat rambut jadi terasa lebih tebal dan kuat.

Bagi beberapa kasus, hair mask mungkin tidak bisa menyembuhkan rambut yang sudah terlanjur rusak, namun cara ini setidaknya akan membantu mencegah kerusakan yang lebih parah nantinya.

Berbeda dengan creambath dan hair spa, dalam perawatan hair mask tidak ada pijatan sama sekali. Ini bertujuan supaya rambut tidak semakin rontok dan rusak. Meski begitu biasanya para terapis tetap memberikan pijatan-pijatan di bagian tubuh lainnya seperti leher, bahu, serta punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.