Sunnah Rasul: Adab Memotong Kuku

Sunnah Rasul: Adab Memotong Kuku

Dalam beberapa perkara hukum Islam, kuku tidak seharusnya diabaikan oleh umat Islam. Misalnya ketika seorang dalam keadaan ihram haji atau umrah didenda membayar dam karena memotong kukunya. Beberapa permasalahan lainnya, yang berhubungan dengan kuku dari segi hukum, hikmah memotong kuku, memanjangkan dan mewarnanya akan kita bahas dibawah ini ☺️
.
1.Memotong kuku adalah amalan sunah yang bertujuan untuk menghilangkan segala kotoran di kuku yang bisa jadi itu akan menjadi penyebab penyakit.
.
2.Menurut Imam an-Nawawi, sunah memotong kuku bermula jari tangan kanan keseluruhannya dan dimulai dari jari kelingking lalu sampai pada ibu jari, kemudian tangan kiri dari jari kelingking ke ibu jari.
.
3. Waktu memotong kuku, Sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik: “Telah ditentukan waktu kepada kami memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu ari-ari agar kami tidak membiarkannya lebih daripada empat puluh malam.”
.
4. Menanam Potongan Kuku, sebagaimana disebutkan dalam kitab Fath al-Bari, bahawa Ibnu ‘Umar Radhiallahu ‘anhu menanam potongan kuku.
.
5. Mewarnai kuku di dalam islam juga haram karena di khawatirkan pewarna itu diperbuat dari benda najis karena akan menghalang daripada masuknya air saat berwudhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.