Tips Memilih Kosmetik yang Aman Untuk Para Muslimah

Home / Uncategorized / Tips Memilih Kosmetik yang Aman Untuk Para Muslimah

1.Pesan BPOM: Ingat Slogan KIK

Untuk menghindari kosmetik berbahaya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyarankan konsumen untuk mengingat slogan KIK, yakni Kemasan – Izin Edar dan Kadaluwarsa.

Sebelum membeli, teliti terlebih dahulu kemasan produk kosmetik. Pastikan informasi terkait merek, kegunaan komposisi hingga nomor izin edar tertera. Kemasan kosmetik juga harus dalam keadaan baik, jangan sampai kosmetik yang dibeli itu kemasannya cacat dan tidak lengkap.

Kedua, cek ada-tidaknya izin edar yang nantinya dapat Anda sesuaikan dengan produk yang terdaftar melalui website resmi BPOM. Kosmetik yang tidak memiliki izin edar berarti belum terdaftar atau termasuk produk kosmetik palsu.

Terakhir, pastikan tanggal kadaluwarsa tertera sehingga keamanan kosmetik Anda terjamin.

2.Cek Izin BPOM Kosmetik

Berbagai produk makanan dan obat-obatan, termasuk kosmetik yang beredar di Indonesia harus mengantongi izin dari BPOM. Produk yang telah terdaftar di BPOM dapat dipastikan keamanan dan kelayakannya. Setidaknya, produk yang terdaftar di BPOM telah memenuhi standar yang ditetapkan untuk layak edar dan dapat dijual di Indonesia.

Jadi, setiap membeli produk kosmetik, pastikan bahwa nomor BPOM produk tercantum di kemasan. Produk yang tidak memiliki nomor registrasi BPOM berarti belum terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Untuk memastikan keaslian nomor tersebut, Anda bisa mengeceknya di situs BPOM, https://cekbpom.pom.go.id. Selain dapat mencari produk berdasarkan nomor registrasi, Anda juga bisa mencari nama produk dan melihat status registrasi dari produk tersebut.

3.Perhatikan Kemasan Produk

Seringkali, kosmetik berbahaya bukan hanya produk dengan merek yang tidak terdaftar, melainkan juga produk-produk merk ternama yang dipalsukan. 

Ada berbagai cara untuk membedakan kosmetik palsu berbahaya dengan kosmetik yang asli. Pertama, perhatikan kemasan dan label produk. Kemasan produk palsu biasanya berkualitas kurang baik dan terlihat bahwa label adalah hasil cetakan manual, bukan cetakan pabrik. Beberapa merek biasanya menempelkan stiker hologram di bagian penutup kemasan untuk menjamin keaslian produk yang dijual. Nah, pastikan ada stiker hologram kosmetik dengan kondisi baik di kemasannya.

 

4.Cek Komposisi Kosmetik

Bahan-bahan berbahaya kerap ditambahkan ke dalam produk kecantikan, padahal dampak yang ditimbulkan bisa merusak kulit bila digunakan dalam jangka panjang. Jadi, teliti lah bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetik yang anda beli.Daftar bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik ini juga bisa dicek di BPOM.

5.Cari Tahu Review Penggunaan Kosmetik

Produk-produk kosmetik baru memang mengundang rasa penasaran. Tetapi jangan gegabah dan membeli tanpa pertimbangan. Cari tahu terlebih dahulu, bagaimana pendapat orang lain yang sebelumnya telah mencoba produk tersebut untuk membeli kosmetik aman dan menghindari kosmetik online berbahaya.

Anda dapat mengecek di laman penjual, apakah terdapat pembeli sebelumnya yang telah bercerita pengalamannya menggunakan produk tersebut. Selain itu, di forum-forum online khusus kecantikan, Anda bisa menemukan berbagai ulasan lengkap produk-produk kecantikan.

6.Lakukan Cek Alergi Kulit

Setiap orang memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Kandungan tertentu bisa saja aman bagi orang lain namun menimbul reaksi alergi di kulit Anda.

Reaksi alergi di kulit memang biasanya bersifat genetik atau keturunan, sehingga berbeda antara satu kulit dengan kulit yang lain. Ketika ada kecenderungan untuk alergi, kosmetik asli yang aman bagi orang lain sekalipun bisa saja berbahaya bagi Anda.

Jadi, pastikan dulu untuk melakukan cek alergi sebelum memutuskan untuk menggunakan produk kosmetik tertentu. Bagaimana caranya?

1.Bersihkan bagian belakang cuping telinga.

2.Siapkan kosmetik yang ingin diuji, dan cotton bud.

3.Dengan menggunakan cotton bud, oleskan sedikit produk kosmetik pada bagian belakang telinga.

4.Tunggu beberapa saat.

5,Bila setelah melakukan langkah-langkah tersebut kulit Anda terasa gatal atau memerah, berarti terdapat kandungan di dalam produk tersebut yang menimbulkan reaksi alergi di kulit Anda. Namun bila tidak terjadi apa-apa, berarti produk tersebut tergolong aman untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.